Cara Menghindari Mata Minus yang dapat dilakukan dirumah

Terkadang masyarakat lebih memilih mengobati dari pada mencegahnya. Pernyataan yang salah! kebanyakan masyarakat mengesampingkan kesehatan tubuh sehingga harus mencari obat untuk menyembuhkannya. Penyakit yang ada pada tubuh kita sendiri, itu akibat kita lalai atau kurang peduli terhadap kesehatan. Apalagi penyakit mata yang sering disepelekan. Para milenial zaman sekarang sulit sekali di nasehati untuk menjaga mata, bahkan orang tua sudah menasehati "jangan terlalu lama bermain gadget" masih aja bandel.



Jika sudah terkena mata minus, kita hanya bisa mengobati. Diartikel sebelumnya dijelaskan bahwa mata minus tidak dapat disembuhkan. Namun tidak bisa dipungkiri juga dengan kita rajin dan bersungguh-sungguh untuk sembuh "Insyaallah" allah menyembuhkan mata minus kita. Dan Allah hanya mengabulkan dan menyembuhkan penyakit apalagi orang itu sangat bersungguh-sungguh untuk sembuh. 




Berikut beberapa Cara Menghindari Mata Minus :

1. Jangan terlalu sering berhadapan dengan media digital.
   
    Media digital yang berkembang pesat pada saat ini adalah gadget. Hampir semua umur pada zaman sekarang sudah mempunyai gadget. Untuk itu, mata yang bermasalah tidak terjadi dikalangan remaja saja, namun di semua umur.

2. Menjaga pola baca yang benar.

    Pola baca yang benar yaitu membaca diruangan yang terang dan membaca dengan posisi duduk. Seringkali remaja saat ini membaca dan menggunakan gadget dengan posisi tidur. alasannya, capek dan males karna terlalu banyak kegiatan.

3. Menjaga kesehatan mata melalui makanan sehat.

   Menjaga  kesehatan tubuh sangat penting dan sangat berpengaruhi terhadap semua organ tubuh. Selain menjaga tubuh, mata pun perlu asupan yang sehat, yaitu meminum wortel, tomat, sayur-sayuran dll yang bermanfaat bagi mata.

4. Menjaga jarak mata terhadap objek yang dibaca.

    Selain menjaga pola baca, jarak baca pun perlu diatur. Apabila jarak baca kita terlalu dekat, maka pupil kita akan melebar dan membuat otot-otot mata berkerja keras sehingga bola mata memanjang.

5. Sering memijat mata dengan mengelilingi kelopak mata.

    Kebanyakan orang memijat tubuh adalah hal yang sangat penting bagi tubuh. Dan hal itu perlu dilakukan pada saat badan terasa pegal. Namun, pijat mata pun sangat diperlukan bagi orang yang ingin terhindar dari mata minus.

6. Mengatur waktu berapa lama kita berhadapan dengan media digital.

    Usahakan kita mengatur waktu bermain media digital. Jangan memporsi kerja mata untuk menatap layar terlalu lama. Yang mengakibatkan mata lelah digital dan memungkinkan mata kita minus.

7. Berolahraga di Pagi Hari.

    Sebenarnya berolah raga bisa dilakukan kapan saja. Namun untuk menjaga mata agar sehat harus berolahraga di pagi hari, dikarenakan di pagi hari terdapat banyak embun. sehingga menikmati pemandangan dipagi hari membuat mata sehat.

8. Melatih menangkap objek jarak jauh.

    Untuk mengurangi mata minus salah satunya cara ialah melatih menangkap objek jarak jauh. Namun cara ini juga bisa menghindari kita dari mata minus, atau istilahnya terapi mata.

9. Hindari Penggunaan Soflen terlalu lama.

   Penggunaan soflen terlalu lama membuat mata iritasi dan membuat mata sakit. Sehingga lama-kelamaan mata menjadi minus. Bahkan sakit mata yang parah bisa terjadi.

10. Menjaga kebersihan tangan saat mengucek mata.

    Terkadang masyarakat malas untuk cuci tangan sesudah melakukan sesuatu kegiatan. Apapun yang masyarakat sering sepelekan bisa menjadi boomerang bagi dirinya sendiri. Penyakit mata tidak bisa disembuhkan secara bertahap, bahkan  sampai dengan cara operasi.

11. Hindari sinar matahari yang berlebihan.

      Terlalu lama berdiri dibawah sinar matahari tidak baik bagi tubuh. Tidak bisa dipungkiri juga menatap sinar matahari terlalu lama atau sering tidak bagus juga untuk mata. Dikarenakan Sinar matahari yang mengandung sinar Ultraviolet.

12. Mengatur waktu tidur yang sehat.

     Mata yang lelah saat melakukan suatu kegiatan tentunya memerlukan waktu untuk beristirahat yang cukup. Apabila kegiatan kita terlalu banyak kita juga harus menjaga waktu tidur kita. Agar mata kita tidak terkena mata lelah yang bisa menimbulkan minus.


Selain menjaga tubuh, mata juga perlu dijaga dengan baik. Apapun yang menimbulkan penyakit bagi tubuh wajib kita hindari. Karena penyakit yang tumbuh bisa menyerang organ-organ tubuh.

Sekilas mengenai info dan ilmu yang dapat saya berikan, kalau ingin berkonsultasi mengenai penyakit, silakan konsultasi kepada Dokter terlebih dahulu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Efek Mata Lelah Digital Menyebabkan Mata Minus ?