Efek Mata Lelah Digital Menyebabkan Mata Minus ?


Apa mata minus itu ? 

Mata minus sama halnya dengan rabun jauh atau "Miopia". Untuk penderita rabun jauh atau Miopia itu sendiri, jika melihat objek dari jarak jauh akan kelihatan ngeblur atau tidak jelas, sehingga harus menggunakan alat bantu mata yaitu kacamata.


Terjadinya mata minus ?

Dimana sinar cahaya yang jatuh ke mata diterima oleh kornea dan difokuskan oleh lensa mata ke retina. Namun, pada mata seseorang yang minus, sinar yang diterima oleh kornea tidak masuk ke retina.

Hal tersebut terjadi disebabkan kornea yang cembung atau bola mata yang panjang.  Sedangkan untuk mata yang normal, cahaya yang masuk ke kornea jatuh dengan tepat di retina dan bola mata tidak memanjang.



Penyebab mata minus ?

Menurut penelitian, mata minus disebabkan oleh empat faktor yaitu :

1. Gen
    Pada faktor ini, terkadang mata seseorang yang berumur masih muda sekitar kurang lebih 6 thn keatas sudah memakai kacamata, itu dikarenakan adanya gen atau keturunan dari orang tuanya. 

2. Pola baca yang tidak benar
    Pola baca yang tidak benar bisa menyebabkan mata minus. Hal ini karena posisi baca diruangan yang redup, sehingga pupil akan melebar, dan membuat otot-otot bekerja dengan keras, sehingga mata menjadi lelah dan terkadang pusing diarea mata.

3. Pola makan yang tidak sehat
    Makanan sangat berperan penting bagi tubuh, oleh karena itu tubuh memerlukan asupan vitamin dan banyak makanan yang bergizi.

4. Pola menjaga kesehatan tubuh
    Pola kesehatan tubuh juga berperan penting dalam hal ini, dengan menjaga kesehatan tubuh sama halnya menjaga kesehatan jiwa. Jika kesehatannya melemah, maka fungsi organ tubuhnya juga melemah.

Tingkatan Mata Minus atau Miopi, yaitu :

1. Miopi Ringan  (-0 sampai -2)
2. Miopi Sedang  (-3 sampai -5)
3. Miopi Berat     ( lebih dari -6)  


Terus apa sih yang dimaksud mata lelah digital??

Mata lelah digital adalah dimana keadaan seseorang yang terlalu lama bermain gadget, tablet dan laptop . Sehingga mengakibatkan mata terasa lebih penat dan berair.

Untuk ciri-ciri mata lelah digital antara lain:
1. Terkadang mata berair,panas
2. Terkadang mata terasa kering
3. Kepala sering pusing
4. Mata kemerahan 
5. Bisa menyebabkan badan terasa pegal karena posisi terlalu lama bermain hp.
6. Leher juga sering terasa pegal
7. Pandangan kabur atau berbayang
8. Mata sensitive terhadap cahaya

Tanpa kita sadari generasi milenial seperti saat ini, kerap sekali berhadapan dengan gadget dan laptop. Dengan seiring berjalanya waktu teknologi saat ini semakin canggih, dan mengakibatkan 93% dari umat manusia saat ini mengalami MATA LELAH DIGITAL!!

Yang menjadi pertanyaannya saat ini ialah apakah Mata Lelah Digital Menyebabkan Mata Minus?

Hal ini menyebabkan mata menjadi tidak seimbang atau istilah nya Tumpang Tindih. Diartikel diatas sudah dijelas kan pengertian mata minus dan mata lelah. Sekarang kita bahas apakah mata lelah dapat menyebabkan minus? jawabannya Iya, karena penyebab mata minus sendiri itu karna kita terlalu fokus kepada benda-benda digital, seperti laptop, gadget dll. Awalnya kita akan merasa mata kita lelah, namun lama-kelamaan juga mata kita terkena minus. Maka dari itu kejadiannya mengakibatkan tumpang tindih. 

Apalagi Mata yang sudah terkena minus, ditambah Matanya lelah digital mengakibatkan Keadaan yang minus semakin menambah minus nya. Oleh karena itu penting nya menjaga mata. Hal seperti ini sering disepelekan oleh kalangan remaja.

Menurut ahli Dokter mata minus tidak bisa disembuhkan, namun dapat dicegah atau dikurangi, ada beberapa cara antara lain :

1. Operasi Laser/lasik ( sebelum operasi lasik mata harus stabil 2 s/d 3 hari)
2. Menggunakan Kaca Mata
3. Meminum & memakan vitamin mata (wortel,sayuran dll)

Ada juga cara untuk Menjaga mata agar terhindar dari Mata Lelah Digital, yaitu :

1. Mengompres Mata dengan air es
2. Pemijatan Mata yang dilakukan oleh jari sekitar 15-20 menit
3. Minum Air Putih yang Banyak
4. Setiap 2 jam bermain gadget, diharuskan pandangan mata diedarkan dan berkedip ke sekeliling untuk melihat objek jarak jauh selama 20 menit

Pembahasan Mata Lelah Digital dan Mata Minus sudah dijelaskan dan semoga kalian paham, blog ini sesuai dengan pemahaman saya. 

kesimpulan : akan lebih baik jika kita menjaga mata agar terhindar dari Tumpang tindihnya mata minus dan mata lelah digital. Karena bila terkena mata minus akan sulit disembuhkan, usahakan untuk teman-teman jangan terkena yah okay ;). Lebih baik kita menjaga dari pada mengobati!




















Komentar

  1. wah sangat bermanfaat sekali kak terimakasihh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghindari Mata Minus yang dapat dilakukan dirumah